info@stba.ac.id 0878 2212 7474 (WA saja)
September 12, 2023 - BY Admin

Kunjungan Osaka International Univeristy ke STBA Yapari-ABA Bandung

Kampus STBA Yapari-ABA Bandung menyambut tamu dari Osaka International University (OIU) Jepang. Kunjungan yang bertajuk “Global Short-term Training Program in Indonesia” ini merupakan bentuk implementasi kerja sama antara STBA dengan OIU. Dilaksanakan selama 1 (satu) minggu, kedua belah pihak melakukan berbagai kegiatan yang menarik dan tidak terlupakan.




Para mahasiswa dan dosen dari OIU mendarat di Bandung pada tanggal 5 September 2023. Lalu, keesokan harinya, para tamu (7 mahasiswa dan 2 dosen) tersebut mengunjungi kampus STBA untuk melaksanakan acara pembukaan sekaligus pertukaran budaya. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua STBA Yapari-ABA Bandung, Bapak Drs. Yayat Hidayat, M.Pd. dan salah satu dosen Osaka International University, Ibu Kubo Yukari. Setelah itu, dilaksanakan penyerahan hadiah dari OIU Jepang kepada pihak STBA yang diwakilkan oleh salah satu dosen OIU, Bapak Yasutani. Acara dilanjutkan dengan aktualisasi pertukaran budaya oleh masing-masing program studi STBA. Dimulai dari Prodi Bahasa Jepang yang menampilkan Souran Bushi dan mengajak para tamu untuk bermain games. Disambung oleh Prodi Bahasa Prancis oleh salah satu dosen dan mahasiswa Bahasa Prancis, Ibu Silvi Satiakemala, M.Pd. dan Hana Widya Amaliana yang melakukan presentasi mengenai budaya Prancis, mulai dari bahasa, ikon negara, adat, dan makanannya. Lalu, Prodi Bahasa Jerman menampilkan tarian khas Jerman yaitu Polka Tanzen. Tak lupa, para tamu pun diajak dan diajarkan cara menarikan tarian tersebut. Terakhir yaitu Prodi Bahasa Inggris yang memperkenalkan budaya Indonesia, mulai dari alat musik tradisional angklung, permainan tradisional congklak dan egrang batok. Para tamu juga diajarkan cara bermain permainan tradisional tersebut. Acara pada hari itu diakhiri dengan foto bersama.






Pada hari Kamis, 7 September 2023, para tamu berkumpul di kampus STBA untuk menghadiri kelas Bahasa Indonesia. Dalam kelas ini, tentunya para mahasiswa dan dosen OIU belajar menggunakan bahasa Indonesia. Setelah itu, ada penampilan angklung dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) GENTRA SEBA. Tak lupa, para tamu dipersilakan untuk mencoba bermain angklung. Lalu, dilaksanakan demo yukata/kimono oleh mahasiswa OIU dan demo pakaian khas Sunda (pangsi dan kebaya) oleh mahasiswa STBA. Kegiatan hari itu diakhiri dengan penjelasan mengenai field trip dan home stay




Keesokan harinya, 8 September 2023, dengan didampingi oleh pihak STBA, para tamu berwisata ke Rancabali untuk melihat dan mendengarkan materi kebun teh. Lalu, destinasi selanjutnya adalah Kawah Rengganis. Di sana, para tamu melakukan berbagai kegiatan menarik, salah satunya ialah menyebrangi jembatan gantung. Setelah makan siang bersama, perjalanan dilanjutkan dengan berangkat ke Kawah Putih. Kegiatan dilanjutkan dengan kembali ke STBA untuk lanjut berangkat keliling pusat kota Bandung menggunakan bandros (Bandung tour on bus). Aktivitas diakhiri dengan makan malam bersama dan kembali ke hotel.




Pada hari Sabtu, tanggal 9 September 2023, pihak STBA memperkenalkan host family kepada para mahasiswa OIU. Selanjutnya, setiap mahasiswa OIU berangkat dengan host family-nya masing-masing dengan kegiatan yang berbeda-beda. Setelah menghabiskan 1 malam bersama host family, para tamu OIU kembali berkumpul di kampus STBA pada hari Minggu, 10 September 2023. Setelah dilaksanakan acara penutupan, para tamu, dengan didampingi pihak STBA, berangkat ke Jakarta untuk pulang ke Jepang.


Sebuah kebanggaan bagi STBA Yapari-ABA Bandung untuk melaksanakan acara tersebut sebagai tanda atas kesuksesan STBA yang terus berkembang.